Minggu, 28 Oktober 2012


 Tugas Aplikasi Sensor Photoelectric.
3 Aplikasi yang menggunakan sensor photoelctric yang di gunakan di kehidupan sehari hari / industri.
1.      1.Keamanan rumah.

Rangkaian ini menggunakan sensor jenis Thru Beam, sensor di pasang di belakang pintu, sensor akan aktif jika pintu di buka tanpa mematikan saklar sensor. Sensor akan standby di malam hari saja.
Ketika pintu di buka, dan sensor sudah stanby, maka ketika orang yang melewati pintu dan sensor tidak di matikan, maka sensor akan aktif dan akan mengirimkan singal ke pengolah data dan output dari pengolah data akan membunyikan alarm.

Gambar Rangkaian :





2.      2. Sebagai penghitung mobil masuk di tempat parkir
.
Rangkaian ini menggunakan sensor jenis Thru Beam, sensor di pasang di gerbang masuk tempat parkir, rangkaian ini juga di tambahkan rangkaian Counter untuk menghitung jumlah mobil yang parkir di tempat parkir, dan jumlah mobil yang berada di tempat parkir akan terpampang di display.

Gambar Rangkaian :


3.      3. Penghitung roti yang  masuk di kardus
.
Sensor yang di gunakan jenis Thru Beam  
Sensor di pasang di aliran roti, di ujung konveyor dan sebelum masuk kardus, rangkaian ini di tambah rangkaian counter untuk mengetahui jumlah roti yang ada di kardus.
Ketika roti yang di kardus sudah berjumlah 10 roti, maka counter akan mengirimkan singal ke pengolah data ( arduino) dan outputan pengolah data akan membunyikan speaker.

Gambar Rangkaian :
Terimakasih banyak  telah membaca artikel ini. untuk kritik dan saran silahakan menulis komentar di bawah ini. artikel di tulis oleh NIM 111113017.

1 komentar:

  1. Untuk keamanan rumah, agar betul-betul terlindungi, kira-kira berapa banyak sensor harus dipasang, dan sebaiknya ditempatkan di mana saja?

    BalasHapus